Kiat Memilih Perusahaan Asuransi
Written by Yessy Peranginangin   
Monday, 15 December 2008

ImagePandangan skeptis beberapa orang tentang bisnis asuransi di Indonesia perlahan-lahan mulai sirna. Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan rasa aman diimbangi dengan peningkatan kinerja dan inovasi produk dari perusahaan asuransi menjadikan asuransi semakin populer di Indonesia. Memiliki polis asuransi tidak lagi menjadi hal yang aneh.

Dalam perencanaan keuangan keluarga, asuransi dipandang sebagai pelindung keluarga apabila aliran pendapatan keluarga terganggu. Misalnya tulang punggung keluarga mengalami kecelakaan fatal, sakit keras atau bahkan wafat. Dipenuhinya klaim sangat penting bagi sang ahli waris. Karenanya sangat penting bagi KC-ers untuk memilih perusahaan asuransi yang baik. Perusahaan asuransi yang baik memiliki probabilita lebih besar untuk memenuhi klaim nasabahnya dari pada perusahaan asuransi yang tidak baik.

Berikut ini adalah hal-hal yang KC-ers harus amati dari sebuah perusahaan asuransi sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransinya:

1. Laporan keuangan

Terlepas dari keterbatasan yang dimiliki laporan keuangan, laporan ini bisa menjadi langkah awal untuk memilih perusahaan asuransi. Indikator yang dapat digunakan adalah RBC (risk based capital). Perusahaan asuransi yang baik akan memiliki RBC di atas 120%.

Selain RBC, KC-ers juga dapat melihat net equity (modal sendiri dibagi premi bersih). Perusahaan asuransi yang baik harus memiliki net equity minimal 50% dan gross equity minimal 20%. KC-ers juga dapat menilai kualitas underwriting policy perusahaan asuransi melalui tren laba perusahaan tersebut selama beberapa tahun. Hal lain yang harus diperhatikan adalah operational cost dari perusahaan asuransi. Kinerja underwriting yang baik dapat hilang karena beban operasional berlebihan akan menggerus laba perusahaan.

Tidak semua orang bisa membaca laporan keuangan, oleh karena itu majalah InfoBank ataupun Investor secara berkala membuat peringkat perusahaan asuransi di Indonesia berdasarkan informasi laporan keuangan.

 

2. Perusahaan & manajemen

Setelah melakukan short-listing berdasarkan laporan keuangan KC-ers bisa mencari informasi tentang perusahaan asuransi yang akan KC-ers pilih. Bertanyalah pada kolega atau keluarga, informasi juga bisa didapat melalui riset di internet. Telitilah apakah kandidat perusahaan asuransi sudah lama berada di industri, ukuran perusahaan, reputasi perusahaan dan rekam jejaknya.

Reputasi manajemen juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Pertimbangkan juga untuk mengunjungi kantor cabang perusahaan asuransi yang akan dipilih. Atmosfer yang ada di kantor akan membantu KC-ers melihat kondisi perusahaan sebenarnya.

Pastikan perusahaan asuransi yang akan dipilih melakukan reasuransi. Hal ini akan menjamin perusahaan tersebut mampu memenuhi kewajiban klaim nasabahnya. Cari tahu siapa reasuradur utamanya.

 

3. Kualitas pelayanan

Lakukanlah survei di sekeliling KC-ers dan tanyakan tentang pelayanan perusahaan asuransi yang akan menjadi pilihan. Tanyakan bagaimana proses pengurusan klaim, fasilitas apa saja yang diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut dan apakah klaim dapat diterima sesuai yang dijanjikan dalam polis.

 

4. Sesuaikan kebutuhan

Walaupun perusahaan asuransi yang KC-ers pilih sudah baik namun jika jenis polis yang dibeli tidak sesuai maka pembayaran klaim pun tidak akan sesuai dengan tujuan rencana proteksi KC-ers dan keluarga. Jadi pastikan jenis asuransi yang dipilih sesuai dengan tujuan finansial KC-ers (untuk kiat memilih produk asuransi silahkan lihat Tips Box di halaman muka situs KeluargaCerdas.com).

Beberapa langkah di atas akan membantu KC-ers dalam memilih perusahaan asuransi. Jangan pernah terbuai dengan diskon premi atau tawaran yang menggiurkan dari agen asuransi. Membeli dari agen asuransi yang dikenal secara personal akan lebih baik. Telitilah produk dan perusahaan asuransi sebelum KC-ers memutuskan untuk membeli suatu produk asuransi. Sayangi orang-orang terkasih, buatlah program proteksi Anda. Selamat mencoba! (copyright ©2008 KeluargaCerdas.com)

 

Add comment

Security code
Refresh

< Prev   Next >

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week402
mod_vvisit_counterThis month2270
mod_vvisit_counterAll457713