Ayo Bangun Dana Darurat
Written by Yessy Peranginangin   
Tuesday, 21 October 2008

ImageSemua pasti setuju dengan pepatah klasik yang berkata, “Sedia payung sebelum hujan.” Nah, di dalam perencanaan keuangan keluarga payung yang dimaksud adalah Dana Darurat. Pengertian Dana Darurat ini bisa bervariasi dari satu rumah tangga ke rumah tangga lainnya. Ada yang berpendapat bahwa Dana Darurat diakumulasi untuk menutupi keperluan yang penting namun belum dianggarkan sebelumnya, misalnya menutupi kekurangan biaya kesehatan, pengeluaran keluarga mendesak, menutupi kekurangan biaya sekolah anak, kelebihan biaya perbaikan mobil, rumah bocor, dan berbagai keperluan insidental lainnya.

 

Memang tidak salah jika KC-ers mencadangkan sedikit uang untuk keperluan di atas, namun Dana Darurat yang kita bicarakan saat ini adalah dana yang kita sisihkan untuk mendukung kehidupan keluarga di saat pendapatan pencari nafkah terhenti karena satu dan lain hal (pemutusan hubungan kerja, likuidasi perusahaan, kerugian usaha, dan lain-lain).

Pada prinsipnya Dana Darurat ini sama seperti proteksi yang gunanya untuk mendukung kehidupan keluarga yang kehilangan penghasilan selama beberapa waktu, dengan gaya hidup yang relatif sama, sampai keluarga tersebut bisa mendapatkan penghasilannya kembali. Oleh karena itu dalam menentukan besarnya Dana Darurat KC merujuk pada beberapa hal, antara lain status pernikahan, jumlah anak, besarnya pengeluaran per bulan dan pola pendapatan.

 

Sebagai gambaran, untuk seseorang dengan status single dan bekerja sebagai pegawai (aliran pendapatan lebih pasti), Klub KC akan mensyaratkan individu ini untuk membentuk Dana Darurat sampai dengan empat kali pengeluaran rutin perbulan. Namun jika pekerjaan orang ini adalah freelancer, maka akan lebih baik jika individu ini bisa membentuk Dana Daruratnya sebesar 12 kali pengeluaran rutin per bulannya. Hubungan yang sama berlaku untuk jumlah anak, semakin banyak jumlah anak maka Dana Darurat harus semakin besar juga.

 

Jika melihat besaran yang harus disisihkan untuk Dana Darurat, beberapa orang akan menganggap bahwa pembentukan Dana Darurat akan menghalangi pemenuhan tujuan keuangan atau kebutuhan lainnya. Pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Klub KC berpendapat bahwa dan pemenuhan Dana Darurat dapat dilakukan secara simultan dengan tujuan keuangan lainnya. Hal ini supaya manfaat, baik manfaat proteksi Dana Darurat maupun manfaat compounding (bunga berbunga) dari pemenuhan tujuan keuangan jangka panjang yang dilakukan sejak awal bisa diraih secara simultan.

 

Sebelum memulai pembentukan Dana Darurat alangkah baiknya jika KC-ers dapat berada pada situasi debt-free dahulu. Hal ini mutlak dilakukan karena dapat dipastikan bahwa hasil berinvestasi pada instrumen likuid akan jauh lebih kecil dari bunga pinjaman. Jadi, jika masih ada cicilan hutang, baiknya lunasi dulu.

 

Setelah itu KC-ers bisa membuka rekening Dana Darurat berupa produk investasi yang sifatnya likuid dan lebih aman. Contoh dari produk ini adalah rekening tabungan, deposito dan reksa dana pasar uang yang karakteristiknya likuid. Setelah itu KC-ers menentukan setoran per bulan sesuai dengan target dana yang telah dihitung. Harus diingat bahwa prinsip investasi juga berlaku disini, semakin besar jumlah setoran per bulan dan semakin sering kita menyetor maka semakin cepat Dana Darurat kita akan tercapai. Namun karakteristik dana darurat yang harus likuid mengakibatkan tingkat pengembaliannya tidak terlalu besar, jadi meningkatkan return bukan merupakan pilihan utama dalam kasus ini.

 

Jadi, sekarang masalahnya bukan pada datangnya hujan yang semakin tidak bisa diprediksi namun pada motivasi kita untuk menciptakan proteksi bagi orang-orang yang kita sayangi. Yuk kita buat Dana Darurat sekarang!
(Copyright © 2008 KeluargaCerdas.com)

 

Add comment

Security code
Refresh

< Prev

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week402
mod_vvisit_counterThis month2270
mod_vvisit_counterAll457713