Aduh, Mahalnya Biaya Sekolah Jaman Sekarang
Written by Desy Widjaja   
Tuesday, 14 October 2008

ImageTulisan ini adalah artikel ketiga yang membahas tentang serba-serbi pendidikan bagi Sang Buah Hati. Memikirkan biaya sekolah anak memang dapat membuat kepala kita pusing. Betapa tidak, semua orang pasti setuju jika dibilang biaya sekolah sekarang ini mahal buangettss! Lihat saja daftar biaya yang disodorkan sekolah mulai dari Biaya Pendaftaran, Uang Pangkal sampai Uang Bulanan, semuanya benar-benar bikin kita menghela nafas panjang bukan?!

Seperti yang sudah disinggung pada artikel sebelumnya, menyiapkan dana pendidikan anak merupakan PR yang sangat mendesak dan penting untuk dikerjakan karena ini adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda . Semakin dini dipersiapkan tentu akan lebih baik. Apalagi jika dilihat dari anggaran rumah tangga, pos “pengeluaran anak” menyedot dana yang tidak sedikit. Orangtua mana sih yang engga mau memberikan yang terbaik buat anak-anaknya?

Karena itu KCers, untuk mendapatkan gambaran yang jelas berapa sih sebenarnya dana yang perlu disiapkan, tim Keluarga Cerdas mencoba melakukan survei sederhana biaya sekolah di Jakarta.

Dimulai dari jenjang Playgroup/Preschool yang diperuntukan anak berusia 1-4 tahun. Beragam Playgroup swasta berdiri di Jakarta dan tersebar diberbagai wilayah kota seperti Jakarta Timur, Barat, Utara dan Selatan. Mulai dari yang menggunakan pengantar Bahasa Indonesia hingga Bahasa Inggris, mematok uang sekolah beragam tergantung dari fasilitas yang disediakan serta rasio jumlah murid dan guru.

Sebut saja “KidSport” yang mematok Uang Pangkal sebesar Rp. 3,5 Juta, sementara uang bulanan Rp. 300 ribu - Rp. 575 ribu yang ekivalen dengan Rp. 3,6 Juta – Rp. 6.9 juta per tahun. Ini berarti calon orangtua harus menyediakan total uang pendidikan sekitar Rp.10 Juta di tahun pertama. Nama Kelompok Bermain lainnya seperti Khayangan Montessori School (Depok), Melati Al Izhar (Cinere), Apple Tree (Muara Karang), Phoenix Kids (Menteng) dan Kepompong Playgroup (Jaksel) menetapkan biaya dalam kisaran sebagai berikut:

Uang Pangkal : Rp. 3 juta – Rp.7 juta.
Uang SPP : Rp. 400 ribu – Rp. 850 ribu (Rp. 4,8 juta – 10,2 juta/tahun)
Total tahun pertama : Rp. 7,8 juta – Rp. 17,2 juta.

Belum lagi Preschool yang menggunakan kurikulum internasional dan menggunakan bahasa pengantar Inggris seperti Dolanan dan Bina Nusantara di Jakarta Selatan, Sevilla School di Jakarta Timur yang mematok biaya:

Uang pangkal : Rp. 15 juta – Rp. 35 juta
Uang SPP : Rp. 1,5 juta – Rp. 3,0 juta (Rp. 18 juta – Rp. 36 juta/tahun)
Total Tahun pertama : Rp. 33 juta – Rp. 71 juta

Untunglah tidak semua Kelompok Bermain di Jakarta adalah swasta. Masih ada pilihan sekolah negeri yang lebih terjangkau bagi masyarakat umum.

Bagaimana dengan TK ? Ternyata TK tidak jauh beda dengan Kelompok Bermain. Nama-nama sekolah yang masuk kategori Nasional dan Nasional Plus seperti Santa Ursula (BSD), Citra Alam(Ciganjur), Ar-Rachman (Setiabudi), Jubille (Sunter), Gandhi Memorial International School (Pangandaran), High/Scope Indonesia, TK Islam Yarsi (Cempaka Putih), TK Lazuardi (Cinere), TK Marsudirini(Bogor) juga menetapkan biaya sekolah dalam kisaran yang kurang lebih sama yaitu:

Uang Pangkal : Rp. 5,0 juta – 17,5 juta
Uang SPP : Rp. 400 ribu – 1,1 juta (Rp. 4,8 juta – 13,2 juta/tahun)
Total Tahun Pertama : Rp. 9,8 juta – Rp. 30,7 juta.

Ada pula Preschool/TK yang menetapkan biaya masuk dalam mata uang asing yaitu US$ seperti Springfield Preschool dan Global Nusantara School. Besarannya adalah:

Uang Pangkal : US$ 500-US$ 1,200
Uang SPP : US$ 180 – US$ 220 (US$ 2,160 – US$ 2,640/tahun)
Total tahun pertama : US$ 2,660 – US$ 3,840

Wuuiihh, mengagumkan memang!! Atau lebih tepatnya pusing?! Untuk mendidik anak-anak usia 1 hingga 5 tahun saja, kocek orangtua kelas menengah-atas Indonesia di kota-kota besar harus terkuras demikian banyaknya..Kalau baru TK saja sudah segitu mahalnya, gimana SD, SMP dan SMA-nya ?! Belum lagi kuliah S1 dan S2!

Memang mau pingsan rasanya jika mengetahui ternyata uang sekolah untuk pendidikan anak-anak tercinta kita naik sekitar 20% setiap tahunnya. Sekarang mari kita lihat data biaya masuk SD dari sejumlah sekolah nasional unggulan di Jakarta sebagai berikut:

SD Tarakanita (Rawamangun)   Rp. 7,5 juta
SD BPK Penabur (Kelapa Gading)   Rp. 15 juta
SD Bellarminus   Rp. 11,5 juta (SPP: Rp.800 ribu/bulan)
SD Global Jaya (Bintaro)   Rp. 14 juta (SPP: Rp. 3,8 juta/bulan)
SD Al-Azhar (Kelapa Gading)   Rp. 20 juta
SD High/Scope   Rp. 40 juta (SPP: Rp. 2,4 juta/bulan)
SD Madania   Rp. 47 juta
SD Cikal (Jakarta Selatan)   Rp. 50 juta

Begitu pula dengan jenjang SMP dan SMA di Jakarta, contohnya:

SMP Don Bosco (Pulo Mas)   Rp. 12 juta
SMP Lab School (Rawamangun)   Rp. 16,9 juta
SMA Lab School (Rawamangun)   Rp. 17 juta
SMA IPEKA   Rp. 18 juta
SMA Al Azhar (Pondok Labu)   Rp. 22 juta (SPP: Rp. 800 ribu/bulan)

KCers, data-data diatas diambil dari berbagai sumber dan data survei yang dilakukan pada tahun 2007 dan 2008. Setelah mengetahui berapa dana yang harus kita sediakan untuk pendidikan anak-anak kita, masih beranikah kita menutup mata dan menunda persiapannya ?! Cobalah untuk menghitung dari sekarang berapa biaya sekolah yang harus disediakan bila saatnya tiba anak Anda sampai ke jenjang pendidikan diatas dengan kenaikan per tahun sekitar 20%...mudah-mudahan Anda masih sadar melihat angkanya..(Copyright © 2008 KeluargaCerdas.com).
 

 

 

 

 

 

Comments  

 
+1 # renita 2009-02-02 20:59
:side: saat ini saya sedang mencari sekolah untuk putri pertama saya Gaby.Saya berkeinginan memasukan anak saya ke TK tetapi wahhhhhh :woohoo: biayanya... :-x seperti biaya masuk universitas saya.
TOLONG dong... turunin...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # Desy 2009-02-09 02:56
Hi Renita, memang begitulah kenyataannya... :sad: apalagi kenaikan biaya sekolah yang berkisar 20%/thn (jauh lebih tinggi dari inflasi :s), bikin kita ga bisa tutup mata sebelah untuk pendidikan si kecil. Kita harus menabung dan berinvestasi, jangan menyerah ya..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+3 # Ika 2009-03-26 06:13
:unsure:
Terimaksih atas informasinya. Duh... jadi bingung, nih. Sebenanya, setelah lulus SMP ini, aku tuh mau masuk salah satu SMA yang telah anda informasikan. Tapi, rumah saya di luar daerah jawa. Singkat kata, bakal jadi perantauan. Tapi, setelah tau uang yang bakal di keluarkan sebegitu gede, aku jadi bimbang. Sebenarnya ayahdan ibuku it's ok aja, sih dengan pilihanku. Tapi, gimana, ya.... kok aku yang jadi nggak enak, ya...???? :sad: :P
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
-2 # Desy 2009-03-27 01:09
Ika, kalau memang sekolah di Jakarta bisa mewujudkan mimpimu dan jika ortumu mampu membiayai, tak perlu takut. Diwaktu luang, kamu bisa mencari uang saku dgn bekerja paruh waktu. Gantikan rasa tidak enak hatimu ke ortu dgn prestasi super di sekolah. Buktikan bhw ortumu tidak sia2 mengeluarkan uang demikian byk dan bisa membuat kamu akhirnya sukses. Yang penting mau bekerja keras dan pantang menyerah!
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+3 # Titus 2009-03-29 03:46
Saya baru saja memasukkan anak kedua saya di palygroup + TK Pangudi Luhur JakSel. Bersamaan itu pula Istri saya sedang menempuh pendidikan S2 Notariat UGM. Saya coba hitung total biaya pendidikan anak saya tersebut selama 1/2 th playgroup ditambah 2 th TK. Biayanya itu bisa lebih besar dari biaya kuliah S2 isteri saya. Kok bisa begitu ya????
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+2 # Jackson 2009-06-18 08:44
Kalo untuk playgroup, tk gitu yg international lebih mahal ya?? saya denger biaya bisa sampai 50 jt/ bulan ya?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # poer 2009-07-29 02:24
bukannya ngga mau mempersiapkan..tapi udah pusing duluan..lah kalo biaya pendidikan dari 1 tahun aj segitu...minimal mesti nabung berapa..bisa2 80% gaji ditabung buat pendidikan anak doang..ga bisa makan dong..semoga pemerintah bisa meningkatkan kualitas pendidikan yang negri dan terjangkau bagi masyarakat..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+3 # Kribodangdut 2009-08-04 14:37
Ada yang punya data ter-update tidak untuk biaya pendidikan dari PG - SMA swasta di jakarta untuk tahun 2009. Mohon di-sharing dong...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Desy 2009-08-04 22:44
Setuju banget, idealnya pendidikan berkualitas bukan cuma bisa didapatkan dari sekolah mahal saja, semoga program pendidikan gratis dari pemerintah juga bisa berkualitas sama...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # Perdana 2009-08-22 14:30
wah ternyata yang saya bayangkan memang benar ya, biaya pendidikan di jakarta itu mahal banget. Beruntung anak2x saya saat ini bersekolah di Kanada yang semuanya gratis, bahkan dapat tunjangan ekstra kurikuler dan tunjangan pajak, saya jadi merasa takut untuk pulang ke Indonesia, mungkin disana saya nggak akan mampu menyekolahkan anak ke sekolah favorite
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+2 # nadila 2009-11-06 22:29
mmm...bingung ny ! pdhal masih kls 2 smp , wlau masih kls 2 smp aku hrus tntuin dlu dari skrng mau msuk sma mna? biar ngak nyesel nntinya.. aku sih mau masuk high scope ! tpi mahal bgt ...sd aja masuknya 40 jt gmna klau sma duhh..pusing deh krain aku 20 jt !!! taunya...mahal klau bwt masuk sma 60jtan gmna nnti aku mau lnjutin kuliah di paris / melbourne university :s udh brp biaya yg dikluarin ortu untk scull :whistle:
klau blh kasih saran dungz sma swasta mna yg hrganya nga trlalu mahal :-) please..thanks
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
-1 # Annabel 2009-11-20 19:12
spp sma ipeka puri sekitar berapa sih???
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
-1 # ayah kaka-dede 2009-12-16 04:36
Hmmm... geleng2 juga baca biaya pendidikan buat si kecil. Itulah kadang yang bikin aku merindukan "kota pelajar", Jogja. Selain biaya mungkin relatif lebih terjangkau, pilihan sekolah pun relatif lebih banyak. Ada tanggapan?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # Desy 2010-01-18 03:31
Ayah Kaka-dede, kalau melihat dari sisi biaya sekolah anak, memang kita bisa jadi terkejut-jut dan pusing. Namun janganlah pernah lupa bhw kesuksesan dan keberhasilan anak2 kita bukanlah ditentukan dari sekolah. Pendidikan yg terbaik mnrt saya adalah di rumah dan guru yg terbaik adalah orang tua,pak. Esensi bersekolah adalah belajar membangun mental dewasa anak agar mampu berkompetisi di masyarakat kelak. So jgn terpaku dg biaya pendidikan..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Guest 2010-01-30 01:46
:woohoo:
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Tersi 2010-03-02 01:29
Anak saya mau masuk SD tahun ini...sudah daftar di SD Tarki rawamangun dan SD Marsud matraman....hmmm bingung :o bukan masalah biayanya (yg pasti dua2nya mahal!!! hehe :s ) tapi bingung mana ya yang secara kualitas pengajaran lebih bagus? :whistle:
ada pengalaman/masukan???
Terimakasih banyak... :-)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
-1 # Adil 2010-03-02 09:11
Selamat malam ! btw kalo mau milih sekolah, di AL IZHAR PONDOK LABU aja. Anak saya SMP nya disana. Sekolahnya bagus, meskipun tidak semewah binus dan sanur. sekarang uang masuk SMP sekitar 27an juta, perbulan 1 juta. SMA masuk sekitar 30juta, perbulan 1juta-an. . fasilitas nya cukup lengkap kok, lapangan nya besar dan memiliki mini teater dll. ini refrensi dari saya. trims.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # fitri 2010-03-30 22:53
pusing memikirkan biaya sekolah,,anak aku baru satu dan rencana thn depan udah mau di sekolah kan tapiii bingung...mau di sekolahkan dmn...share dunk info biaya TK di al-azhar kelapa gading...tq
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Ana 2010-05-10 01:31
Tahun depan kami berencana pindah ke Jakarta. Anak-anak saya sekarang bersekolah di SDIT yang masuk dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Kurikulumnya bagus, selain umum, life skill ed, juga muatan agamanya. Bapak Ibu, sekolah mana ya yang masuk JSIT di wilayah Pondok Labu/Ragunan? Trims.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # star 2010-05-31 04:09
tulisannya bagus, well-informed. lbh bagus lagi klo updated. aq copas @my fb notes ya..yaa..yaa?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Irene 2010-07-30 10:31
Thanks banget infonya ya,...Waduh pusing juga kalau lihat daftar biaya sekolah di jakarta :sad:
tk aja udah segitu mahalnya.Saya tinggal di belgia dan anak saya juga masih sekolah di playgroup disini,..untung sekali semuanya gratis :cheer: .dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore lagi.cuman bayar makan siangnya aja,.kalo ngak bawa bekalnya sendiri.Adik saya juga saya kuliahin disini,.jauh lebih murah lho,..dan dijamin mutu pendidikannya tinggi.kayaknya pemerintah indonesia memang perlu turun tangan banget deh mengenai pendidikan di indonesia.kayaknya ngak masuk akal sekali,..bener2x ngak imbang antara pemasukan sama biaya sekolah,..gimana anak2x indonesia bisa pintar semuan :sad:
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # liena aifen 2010-11-26 02:25
Thanks banget infonya ya,...Waduh pusing juga kalau lihat daftar biaya sekolah skarang
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # Nadya 2010-11-28 21:25
Makasih mba buat infonya.
gilee..gmn mo nambah anak nih. anak satu aja susah payah buat nyekolahin. aku rencananya mo masukin anakku ke Preschool thn depan. udah nanya2 biaya di beberapa sekolah di daerah serpong-karawaci.
Penabur Serpong: UP (PG-TKB)- 10jt (diskon 2 jt klo daftar sebelum jan 2011, SPP 1,1 jt, uang kegiatan 700rb.
Dian Harapan karawaci: UP (PG-TKB)- 12.5jt, (PG-SD) 25jt, SPP 1,5jt, uang kegiatan 400rg, uang seragam 400rb.
Tarakanita serpong: UP (PG-TKB) - 8.5 jt, SPP 500rb, uang kegiatan 700rb.
yang lumayan murah sih tarki, tp jauh bener dari rumah.
Klo misalnya aku mau masukin ke Penabur, kira2 biaya masuk pas SD brp ya? klo nyampe 20jt, berarti Dian Harapan masih lebih murah dnk ya. Mohon Pencerahannya, thanks :-)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Andri 2011-01-19 05:33
Kaget pertama Bunda kasih perkiraan biaya uang pangkal & uang sekolah TK yg akan dimasuki anak #1 kami.
Gak percaya, setelah survei2 akhirnya benar2 gila sekarang ini biaya pendidikan.
Pemerintah mana nich turun tangannya?
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # citra 2011-02-01 02:00
waduh..saya niat mau menyekolahkan anak saya di TK lab school rawamangun, tetapi kenapa mahal sekali ya?? :sad:
g mana ini pemerintahan SBY....waduh buat pendidikan saja kok mahal.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # rica 2011-02-13 22:43
berapa biaya SMA al-azar sekarang
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # Irony 2011-06-08 14:35
SD Islam PB Soedirman, biayanya murah. Uang pangkal 9,5 jt. SPP 5OO rb. Lokasi di Cijantung Jakarta Timur :P
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # ika 2011-11-12 14:27
Quoting Irony:
SD Islam PB Soedirman, biayanya murah. Uang pangkal 9,5 jt. SPP 5OO rb. Lokasi di Cijantung Jakarta Timur :P


Pak/Bu, sekolah ini yang pernah diberitakan melakban mulut siswanya pada tahun 2007 kan? Buat apa murah kalau anak disiksa? Sekolah dipilih bukan karena murah, tapi karena sukses membuat anak suka belajar.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # dewi 2013-02-02 19:27
SDI Al Achfas Dwi Matra.....oke jg utk pilihan..uang masuk di thn ini (2013) tidak lebih dari 6jt spp 300rb..Lokasi Jl.Jaha No.30 B Cilandak Timur-JakSel...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # marcylinda 2013-06-12 15:38
Disekolah aku aja Global jaya ngga terlalu mahal kok untuk kalangan yang ........ :D
Reply | Reply with quote | Quote
 
< Prev

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday45
mod_vvisit_counterYesterday126
mod_vvisit_counterThis week725
mod_vvisit_counterThis month2866
mod_vvisit_counterAll272627