10 Tips Investasi
Written by KeluargaCerdas.com   
Wednesday, 24 September 2008
  1. Mulailah sedini mungkin, faktor waktu memegang peranan sangat penting dalam berinvestasi. Semakin muda usia Anda berinvestasi, semakin baik hasil yang akan didapat nanti.
  2. Tentukan tujuan investasi secara spesifik (rencana pendidikan, rencana pensiun, membeli rumah/apartemen, membeli kendaraan, renovasi properti, wisata, percepatan pelunasan KPR/KPA dan lainnya) sebelum memulai berinvestasi. Konsultasikan rencana-rencana ini dengan penasehat keuangan Anda
  3. Tentukan jangka waktu dan target dana yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  4. Alokasikan dana untuk investasi secara konsisten, idealnya 10% hingga 30% dari pendapatan bulanan.
  5. Jika Anda pemula, mulailah berinvestasi dengan cara tidak langsung sebelum berinvestasi langsung. Cara ideal adalah dengan membeli produk Reksa Dana (mulai dari Reksa Dana Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran, hingga yang lebih berisiko yakni Reksa Dana Saham), kemudian beranjak ke investasi langsung ke surat berharga (Obligasi Ritel dan Saham), hingga memulai bisnis riil sendiri atau bergabung dengan mitra bisnis yang cocok dengan Anda.
  6. Pelajari secara seksama berbagai alternatif investasi beserta aspeknya, seperti tingkat risiko dan imbal hasilnya secara historis. Jangan lupa dengan ekspektasi para ahli tentang perkembangan ekonomi dan bisnis ke depan yang dipadupadankan dengan ekspektasi Anda sendiri.
  7. Jika melirik investasi aset finansial, pilihlah perusahaaan investasi yang memiliki Badan Pengawas, jika Lembaga Perbankan memiliki ijin dari Bank Indonesia sedangkan Lembaga Non-Bank memiliki ijin dari Bapepam-LK.
  8. “Jangan letakkan semua telur dalam satu keranjang”. Buatlah portofolio investasi sendiri yang sesuai dengan risk profile Anda.
  9. Jangan pernah lupa, Potensi Keuntungan harus sejalan dengan Potensi Risiko. Jadi berhati-hatilah jika ada penawaran investasi yang memberi keuntungan tinggi tanpa risiko.
  10. Lakukan pengawasan secara periodik setiap tahun untuk memantau kinerja investasi Anda. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan strategi investasi tahunan dengan penasehat keuangan Anda.

Selamat berinvestasi!

 

Comments  

 
-3 # ujung-dunia 2009-07-20 22:02
wah...kalo cuma modal 3jt kira2 yang cocok investasi di bidang apa ya...maklum masih belajar :-)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Desy 2010-01-28 21:57
sebaiknya untuk pemula, bisa membeli reksadana jenis pendapatan tetap karena lebih beresiko rendah dibanding reksadana saham.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
+1 # AKILA 2010-02-11 10:54
Saya berencana investasi di reksadana,kira2 ada gak ya yang bisa autodebet atau online via internet?
gimana pendapat mbak Desy..
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Desy 2010-02-12 04:13
Tentu ada. Sekarang ini banyak bank memberi kemudahan bagi nasabahnya untuk membeli produk reksadana ditempatnya. Prosesnya pun mestinya tidak sulit, setau saya jika ingin melakukan autodebet dari rekening tabungan ataupun membayar lewat internet banking untuk membeli produk reksadana sangat dimungkinkan. Tinggal mencari tahu bank mana yang menyediakan fasilitas itu.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
-1 # Indrayanto 2010-05-04 02:49
Mba Deasy, saya mau tanya mengenai cara untuk investasi di reksa dana itu bagaimana ya Mba? Terimakasih

Salam
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Desy 2010-06-28 23:44
Pak Indra, sebelumnya maaf super telat menjawab.. :P Cara berinvestasi di reksadana mudah, bapak tinggal datang ke bank, dimana banyak reksadana dari berbagai pengelola di jual disana.
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # maria 2011-02-04 08:45
mbak desy,klo reksadana pasar uang itu gmn?aq prnah ditawarin produknya axa mandiri{maaf nyebut nama},bedanya dmn ya?mksh...salam
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # kredit tanpa agunan 2012-04-30 10:20
baru dapet info kalo sekarang sedang trens investasi di bidang emas, lebih menguntungkan dan cepat. apa benar? gmn dengan resiko keuangan nya?
Reply | Reply with quote | Quote
 
Next >

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday75
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week400
mod_vvisit_counterThis month2268
mod_vvisit_counterAll457710