Pensiun Bagi Freelancer
Written by Yessy Peranginangin   
Sunday, 27 July 2008

ImageDahulu, memiliki anak yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi impian semua orang tua. Bahkan, jenis pekerjaan seperti ini pasti akan mendapat poin lebih dimata calon mertua. Mungkin, pandangan masyarakat ini terbentuk karena adanya fasilitas pensiun bagi seorang PNS.

Sementara itu salah satu tren global dalam dunia kerja belakangan ini adalah semakin banyak individu memilih bekerja secara freelance (paruh waktu) ketimbang bekerja penuh waktu. Setidaknya fenomena ini sudah terjadi di negara maju. Tercatat bahwa Australia memiliki tingkat pertumbuhan komposisi pekerja freelance paling tinggi diantara negara maju lainnya.

Sepertinya kontradiktif, pekerjaan freelance yang lebih banyak memiliki ketidakpastian menjadi semakin populer sementara pekerjaan yang menawarkan kepastian malah ditinggalkan. Sebenarnya apa yang sedang terjadi?

Jawabannya mudah saja, angkatan kerja sekarang memandang bahwa pekerjaan bukan sekedar memberikan penghidupan namun harus juga memberikan kepuasan kerja. Lebih dari itu, pekerjaan juga harus secara konstan menantang dan sesuai dengan passion si pekerja. Jadi ketidaknyamanan bekerja secara freelance karena status yang non-permanen serta minimnya fasilitas masih dapat dikompensasi dengan kepuasan kerjanya.

Namun ada satu faktor lagi yang sangat penting, pasar keuangan sekarang sudah sangat modern. Terciptanya instrumen investasi modern dapat mengurangi dampak negatif pendapatan yang fluktuatif dan absennya pensiun dalam pekerjaan freelance. Pengelolaan keuangan keluarga yang baik dengan memanfaatkan instrumen investasi yang modern dapat menjadikan pekerjaan freelance sama amannya dengan pekerjaan tetap.

Seperti yang telah dibahas dalam artikel “Apakah Cukup Menabung Tanpa Berinvestasi? ”, seorang freelancer dapat berinvestasi untuk memenuhi kebutuhan dana darurat dan dana pensiunnya. Sebagai rule of thumb, seorang freelancer idealnya memiliki dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran per bulan.

Dalam hal perencanaan pensiun bagi freelancer, hal pertama yang harus diperhitungkan adalah berapa pengeluaran per bulan saat ini. Jika diasumsikan kita akan menjalankan gaya hidup yang sama ketika pensiun nanti, maka pengeluaran ini akan kita sesuaikan dengan inflasi 20 atau 25 tahun lagi ketika kita pensiun. Setelah itu kita akan mengetahui kebutuhan dana pensiun dan bisa menghitung berapa investasi bulanan yang harus kita lakukan.

Sebagai ilustrasi, seorang pekerja freelance mempunyai kondisi sebagai berikut:

Usia saat ini : 30 tahun
Usia ketika pensiun: 55 tahun (berarti 25 tahun yang akan datang).
Asumsi hidup sampai usia: 80 tahun.
Pengeluaran perbulan saat ini sebesar: Rp 7,5 juta/bulan
Asumsi Imbal hasil bersih investasi bulanan pada instrumen keuangan/Return: 25% per tahun
Dana yang harus disisihkan untuk investasi sebesar: Rp 840 ribu/bulan selama 25 tahun.

Namun jika ia memutuskan memulai investasi untuk dana pensiun pada usia 35 tahun maka dana yang harus diinvestasikan menjadi sebesar Rp 1,9 juta/bulan selama 20 tahun. Lihatlah perbedaannya, hanya dengan menunda memulai investasi selama 5 tahun, dana yang harus disisihkan meningkat lebih dari 100%.

Harus diingat pula bahwa ilustrasi di atas sudah mengasumsikan bahwa kebutuhan dana darurat dan asuransi sudah terpenuhi. Jika kedua kebutuhan tersebut masih belum terpenuhi maka perencanaan keuangan yang lebih komprehensif dan detail harus dilakukan.

Tim Planner Keluarga Cerdas akan membahas kebutuhan dana darurat dan asuransi lebih jauh pada kesempatan lainnya. Intinya, kunci keberhasilan untuk bisa mewujudkan pensiun bagi pekerja freelance adalah disiplin, perencanaan keuangan yang matang dan memulainya dari sekarang.
 

 

Add comment

Security code
Refresh

< Prev   Next >

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week402
mod_vvisit_counterThis month2270
mod_vvisit_counterAll457713