Asuransi, Perlukah ?
Written by Yessy Peranginangin   
Thursday, 22 May 2008

ImagePemasaran jasa yang tidak terpikir untuk dipresentasikan studi kasus-nya ketika saya mengambil mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah pemasaran Asuransi. Pada saat itu bayangan di benak saya adalah pemasaran Asuransi selalu berkaitan dengan menggambarkan sesuatu yang buruk yang mungkin menimpa si calon klien dan berusaha membuatnya “takut” sehingga “terpaksa” membeli polis asuransi. Pemasaran ini dikenal dengan nama push selling.

Namun cara pemasaran asuransi di atas tidak relevan lagi untuk saat ini, apalagi dalam konteks perencanaan keuangan keluarga. Salah satu aspek dari kebebasan finansial adalah kita harus bertanggung jawab tidak hanya pada pengelolaan uang tetapi juga dalam melindungi orang-orang yang kita cintai secara finansial (proteksi finansial).

Proteksi finansial yang dimaksud disini adalah terciptanya suatu aliran pemasukan ketika kepala keluarga (pemberi nafkah keluarga) tidak mampu lagi memberikan nafkah bagi keluarganya. Memiliki asuransi adalah cara untuk bisa memberikan proteksi finansial bagi keluarga kita. Dengan membeli polis asuransi, kepala keluarga dapat memberikan proteksi finansial bagi anggota keluarganya apabila terjadi hal tidak terduga yang menyebabkan sang kepala keluarga tidak mampu lagi memberi nafkah (incapacitated). Manfaat asuransi akan memberi dukungan finansial bagi anggota keluarga untuk dapat meneruskan hidupnya sampai mereka mandiri.

Ada pandangan yang menganalogikan asuransi sebagai suatu judi antara mendapatkan manfaat dan membuang uang. Tanpa berharap pembaca mengalami suatu hal yang buruk, didapat atau tidaknya manfaat asuransi tersebut seharusnya tidak menjadi alasan utama kita membeli asuransi. Idealnya, asuransi dimiliki oleh kepala keluarga yang muda yang baru saja memasuki usia produktif namun belum mapan kondisi finansialnya.

Dalam hal ini, apabila terjadi sesuatu yang buruk dalam masa merajut kemapanan finansial tersebut, manfaat dari polis asuransi diharapkan dapat memberikan proteksi kepada keluarganya. Namun jika ternyata kepala keluarga tersebut mampu mencapai kemapanan finansial tanpa terjadi apa-apa, maka proteksi asuransi dapat dibiarkan berlalu sebagai payung yang gagal digunakan karena tidak terjadi hujan. Dalam perspektif ini “kegagalan” mendapatkan manfaat asuransi bukan merupakan kerugian.

Pandangan yang lain tentang asuransi adalah sebagai alat akumulasi kekayaan yang diharapkan dapat memberikan warisan yang cukup untuk orang tercinta yang ditinggalkan. Pandangan ini kurang baik untuk diterapkan karena selagi polis asuransi ini berjalan, akan ada alternatif investasi lain yang memberikan kinerja lebih baik untuk mengakumulasi kekayaan. Jadi asuransi tidak sama dengan investasi.

Asuransi sebagai alat proteksi keuangan keluarga selagi keluarga merajut kemapanan finansial sangat penting keberadaannya. Manfaat proteksi ini akan semakin besar jika dimulai secepat mungkin. Semakin muda usia tertanggung dalam suatu polis asuransi maka semakin kecil resiko pertanggungan untuk terjadi. Hal ini membuat premi asuransi menjadi lebih kecil jika dibandingkan memulai asuransi 5-10 tahun kemudian.

Melihat perkembangan jaman yang semakin tidak pasti baik dalam hal ekonomi, peristiwa alam yang ditandai dengan terjadinya berbagai bencana dan gaya hidup modern yang cenderung stres membuat resiko hidup kita semakin tinggi. Ditengah resiko hidup yang semakin tinggi pilihan untuk memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang kita cintai berpulang kepada kita masing-masing. Apakah kita akan memberikan? Jika ya, kapan kita akan memulainya?
(Copyright © 2008 KeluargaCerdas.com)

 

Comments  

 
0 # Ady Hermawan 2009-04-14 03:09
:arrow:

Saya seorang Agent Asuransi , jika sebagai agent bagaimana saya harus memandang asuransi sehingga calon customer merasa perlu ikut asuransi ?

Trimahkasih
Reply | Reply with quote | Quote
 
< Prev   Next >

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week402
mod_vvisit_counterThis month2270
mod_vvisit_counterAll457713