10 Tips Hemat Berlibur
Written by Desy Widjaja   
Monday, 19 May 2008
Sangat menyenangkan mendengar masa liburan sebentar lagi akan datang. Apalagi jika kita berencana menghabiskannya bersama keluarga tercinta sambil menikmati suasana tempat yang berbeda dari biasanya. Tanpa terasa uang yang dikeluarkanpun selama masa liburan tidak lagi terhitung dan baru disadari besar jumlahnya di kala liburan telah usai. Bagaimana cara mensiasati liburan anda agar tidak menjadi beban di kemudian hari ? Berikut ini adalah tips-tips yang bisa anda lakukan sebelum dan selama berlibur:
  1. Yang pasti, persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya jika Anda mempunyai rencana berlibur yang cukup panjang ke luar kota apalagi ke luar negeri. Lebih panjang waktu persiapannya tentu lebih baik. Sisihkan secara auto debet dari income bulanan Anda selama waktu yang disesuaikan dengan besarnya dana yang dibutuhkan.
  2. Biasanya mengambil paket liburan yang disediakan pihak tour travel bisa lebih murah. Namun jika Anda ingin berpergian sendiri, ketahui dahulu seluk-beluk tempat liburan yang dituju. Biaya transportasi, akomodasi, tempat rekreasi dan makan serta tak ketinggalan tempat belanja, menjadi poin-poin penting untuk dicatat.
  3. Untuk biaya transportasi dan akomodasi, sangatlah baik jika Anda bisa mendapatkan paket promosi. Bahkan jika ada, rumah kerabat atau penduduk setempat dan apartemen milik perorangan bisa dijadikan tempat menginap. Anda dapat menghemat lumayan banyak, mengingat kedua hal ini adalah biaya yang paling besar.
  4. Cermatlah dalam memilih tempat rekreasi. Cari obyek wisata yang memang benar-benar unik dan bagus serta merupakan ciri khas tempat tersebut. Hindari pergi ke lokasi wisata yang tidak perlu dan berbiaya tinggi.
  5. Sama seperti tempat rekreasi, mencari tempat makan/restoran harus sesuai dengan budget yang disiapkan. Lebih baik jika Anda memilih tempat yang tidak jauh dari tempat menginap atau tempat terakhir Anda sedang berkunjung. Selain hemat waktu, hemat ongkos pula.
  6. Tempat belanja yang tidak populer biasanya lebih murah dibandingkan tempat belanja yang ramai dikunjungi turis. Berburu oleh-oleh dan barang kerajinan ke pasar-pasar tradisional bahkan langsung ke tempat pembuatan/pabriknya bisa menghemat uang Anda.
  7. Jangan lupa, selalu membawa bekal seperti roti dan minuman air putih dalam tas. Selain lebih sehat, Andapun terhindar dari jajan yang tidak perlu.
  8. Bawalah uang saku sesuai dengan budget. Dan tetap catat semua pengeluaran Anda selama perjalanan dari awal hingga akhir.
  9. Jika Anda dan keluarga mempunyai fleksibilitas waktu, pertimbangkanlah untuk berpergian pada masa “low season”. Anda bisa mendapatkan tawaran yang menarik dan murah yang tidak bisa didapatkan pada masa “high season” .
  10. Jika budget Anda saat ini tidak memungkinkan untuk berpergian jauh, liburan didalam kota bisa menjadi pilihan yang tidak kalah menarik. Banyak alternatif tempat liburan yang bersifat edukatif bagi anak-anak terutama di Jakarta dan sekitarnya. Bahkan rumahpun bisa menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga. Buatlah acara/kegiatan yang selama ini tidak pernah dilakukan keluarga di rumah. Yang penting, berpikir kreatif dan merasa bahagia menjadi kunci untuk dapat menikmati masa liburan.
Selamat berlibur !!

Copyright © 2008 KeluargaCerdas.com

 

Comments  

 
0 # ahmad fiando 2010-06-27 02:33
thanks gan infoa ;-)
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Amos98 2011-01-05 07:17
Cukup menarik, bila suatu saat ada yg lebih menarik , boleh saya sadur?
Thanks
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Desy 2011-01-05 21:47
Tentu boleh, Amos...
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # Dessy 2011-03-21 04:08
saya juga hobi berlibur irit :-) tips saya, sign up buat milis di www.airasia.com buat tau promo2 tiket gratis... lumayan sering dan murah2 pol! kalo buat akomodasi, saya jg sign up milis di http://www.agoda.web.id ... murah2 banget juga dan selalu dikirimin weekly news nya. semoga membantu!
Reply | Reply with quote | Quote
 
 
0 # seat vacations 2011-05-12 02:56
Terima kasih banyak untuk tips-tipsnya.
Reply | Reply with quote | Quote
 
< Prev   Next >

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week402
mod_vvisit_counterThis month2270
mod_vvisit_counterAll457713