Pendidikan
Merencanakan Masa Depan Pendidikan Anak
Written by Manuel Pakpahan   
Friday, 10 April 2009

ImageKeluargaCerdas.com pernah membahas pentingnya merencanakan dana pendidikan, cara menghitung besarnya dana yang diperlukan, lama waktu pengumpulan dana hingga saatnya digunakan, serta pentingnya proteksi bagi pencari nafkah yang bekerja untuk pemenuhan dana pendidikan tersebut. Selain itu, telah disampaikan pula survei singkat biaya pendidikan di Jakarta. Juga beragam instrumen finansial seperti produk perbankan (tabungan pendidikan, deposito berjangka), asuransi pendidikan, produk pasar modal (reksa dana, obligasi ritel, dan saham), properti dan logam mulia. KC-ers bahkan bisa memanfaatkan hibah, waris, beasiswa, kredit pelajar guna mencapai target dana pendidikan.
Sekarang mari kita coba simulasikan bagaimana sih caranya merencanakan dana pendidikan anak.

 
Aduh, Mahalnya Biaya Sekolah Jaman Sekarang
Written by Desy Widjaja   
Tuesday, 14 October 2008

ImageTulisan ini adalah artikel ketiga yang membahas tentang serba-serbi pendidikan bagi Sang Buah Hati. Memikirkan biaya sekolah anak memang dapat membuat kepala kita pusing. Betapa tidak, semua orang pasti setuju jika dibilang biaya sekolah sekarang ini mahal buangettss! Lihat saja daftar biaya yang disodorkan sekolah mulai dari Biaya Pendaftaran, Uang Pangkal sampai Uang Bulanan, semuanya benar-benar bikin kita menghela nafas panjang bukan?!

Seperti yang sudah disinggung pada artikel sebelumnya, menyiapkan dana pendidikan anak merupakan PR yang sangat mendesak dan penting untuk dikerjakan karena ini adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda . Semakin dini dipersiapkan tentu akan lebih baik. Apalagi jika dilihat dari anggaran rumah tangga, pos “pengeluaran anak” menyedot dana yang tidak sedikit. Orangtua mana sih yang engga mau memberikan yang terbaik buat anak-anaknya?

Karena itu KCers, untuk mendapatkan gambaran yang jelas berapa sih sebenarnya dana yang perlu disiapkan, tim Keluarga Cerdas mencoba melakukan survei sederhana biaya sekolah di Jakarta.

 
Dana Pendidikan untuk Sang Buah Hati
Written by Yessy Peranginangin   
Monday, 29 September 2008

ImageSepertinya baru kemarin kita disibukan dengan harga susu, popok, obat-obatan, vaksinasi dan beragam kebutuhan bayi lainnya. Tidak terasa, sang buah hati kini telah mencapai usia yang cukup untuk mulai mengenyam bangku pendidikan.

Berbeda dengan masa lalu, sekarang ini seorang anak bisa mengenyam pendidikan sejak ia berumur 2 hingga 3 tahun. Dulu, kita mengenal jenjang pertama pendidikan adalah SD dan usia yang disarankan untuk seorang anak masuk SD adalah 7 tahun. Situasi ini berkembang dengan diperkenalkannya TK (taman kanak-kanak) yang dibuat sebagai sarana persiapan bagi anak sebelum ia masuk SD.

Perkembangan terakhir, sebelum TK-pun sekarang ada jenjang pendidikan yang namanya Kelompok Bermain/Kelompok Prasekolah (play group/preschool). Pada jenjang ini diharapkan anak dapat bermain dan memulai sosialisasi di luar keluarga inti, apalagi jika di lingkungan sekitar tempat tinggal orang tua tidak banyak anak-anak seusia anak kita.

 

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week402
mod_vvisit_counterThis month2270
mod_vvisit_counterAll457713