Pensiun
Perencanaan Dana Pensiun
Written by Yessy Peranginangin   
Tuesday, 09 September 2008

ImageDalam pidatonya, Barrack Obama mendeklarasikan diri sebagai pemimpin perubahan (change leader). Implikasi dari pernyataan tersebut adalah bahwa perubahan yang dilakukan olehnya sekarang ini akan menentukan masa depan AS.

Hal yang sama berlaku di dalam perencanaan dana pensiun. Pada artikel sebelumnya telah dibahas bahwa kunci sukses dari pemenuhan kebutuhan dana pensiun adalah dengan memulai sedini mungkin dan melakukannya dengan disiplin. Disamping itu, telah disinggung juga sebelumnya kedisiplinan dalam berinvestasi untuk dana pensiun akan berbuah manis karena sistem bunga majemuk yang berlaku di pasar keuangan. Jadi perubahan kecil saat ini akan memberikan manfaat yang luar biasa di masa yang akan datang.

 
Pensiun Bagi Freelancer
Written by Yessy Peranginangin   
Sunday, 27 July 2008

ImageDahulu, memiliki anak yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi impian semua orang tua. Bahkan, jenis pekerjaan seperti ini pasti akan mendapat poin lebih dimata calon mertua. Mungkin, pandangan masyarakat ini terbentuk karena adanya fasilitas pensiun bagi seorang PNS.

Sementara itu salah satu tren global dalam dunia kerja belakangan ini adalah semakin banyak individu memilih bekerja secara freelance (paruh waktu) ketimbang bekerja penuh waktu. Setidaknya fenomena ini sudah terjadi di negara maju. Tercatat bahwa Australia memiliki tingkat pertumbuhan komposisi pekerja freelance paling tinggi diantara negara maju lainnya.

Sepertinya kontradiktif, pekerjaan freelance yang lebih banyak memiliki ketidakpastian menjadi semakin populer sementara pekerjaan yang menawarkan kepastian malah ditinggalkan. Sebenarnya apa yang sedang terjadi?

 
Persiapkan Pensiun Sejak Masa Muda
Written by Desy Widjaja   
Thursday, 19 June 2008

 

ImageJika mendengar kata “Pensiun”, apa yang terlintas dibenak kita ? “Gelaappp boo...enggak tau. Lagian masih jauhlah, ngapain mikir sekarang..mending mikir apa yang lagi sale di mal itu tuh..bakal seru kayanya kalo belanja neh..”, komentar seorang teman muda yang belum menikah. Lain lagi komentar para ibu rumah tangga ketika ditanya soal ini, “Pensiun?? Boro-boro deh, urusan rumah tangga dan anak aja udah bikin pusing, apalagi mikirin pensiun. Biar suami aja yang mikirin, jangan kita...”

Apa benar urusan pensiun adalah urusan yang tidak perlu dipikirkan sekarang ? Hati saya berdecak kagum melihat seorang gadis belia berusia 17 tahun berusaha keras membangun masa depannya. Di kala kebanyakan remaja seusianya menghabiskan waktu untuk memikirkan baju apa yang akan dipakai setiap hari, bagaimana wajah saya bisa terlihat menarik dan sebagainya, ia justru memikirkan bagaimana bisa pensiun dan mencapai kebebasan finansial disaat ia berumur 30 tahun. Gadis ini tampil dan diwawancarai dalam salah satu acara talk show terkenal di Amerika. Berkat kegigihannya, ia mampu meraih impiannya menjadi salah satu jutawan termuda di Amerika.

 

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week402
mod_vvisit_counterThis month2270
mod_vvisit_counterAll457713