Investasi
Propertiku, Investasiku
Written by Desy Widjaja   
Monday, 04 May 2009

ImageTempat tinggal adalah kebutuhan primer setiap orang. Namun banyak orang setuju bahwa rumah misalnya bukanlah sekedar tempat tinggal/berteduh. Lebih dari itu, rumah seringkali jadi tolok ukur kemapanan ekonomi seseorang. Sejak dahulu rumah dan jenis properti lainnya merupakan salah satu bentuk investasi konvensional dan dipercaya dapat diandalkan untuk menangkal laju inflasi. Bahkan membiakkan uang di properti dirasa sebagian orang lebih aman ketimbang di portfolio instrumen keuangan.
 

 
Instrumen Investasi Syariah
Written by Yessy Peranginangin   
Monday, 09 February 2009

ImageKondisi perekonomian global yang melemah seharusnya tidak menyurutkan minat KC-ers untuk berinvestasi. Dengan perencanaan keuangan yang baik, investasi reguler tentu tidak menjadi masalah. Saat ini kita akan membahas instrumen investasi berbasis syariah di Indonesia.

Secara singkat kita bisa mendefinisikan investasi syariah sebagai investasi yang sesuai dengan hukum Islam. Sama dengan prinsip ekonomi Islam, investasi diusahakan supaya tidak mengandung unsur maysir, gharar dan riba. Diharapkan dengan menerapkan prinsip investasi yang Islami KC-ers dapat berinvestasi tanpa melanggar prinsip-prinsip agama.
 

 
Mengenal Investasi Emas
Written by Desy Widjaja   
Monday, 08 September 2008

Desy WidjajaBerbicara instrumen investasi, boleh dibilang jenis yang akan dibahas kali ini dapat dikatakan berumur paling tua. Siapa yang tak kenal dengan EMAS. Dari jaman nenek moyang kita emas dijadikan sebagai alat tukar pengganti mata uang. Namun jaman sekarang emas, yang pasokannya sangat terbatas sehingga nilai intrinsiknya melebihi nilai tukarnya, sudah berubah fungsi secara umum menjadi perhiasan, terutama bagi kaum wanita.

Selain deposito, saham dan obligasi ternyata emas pun merupakan pilihan yang baik dalam berinvestasi. Sejarah membuktikan dari tahun ke tahun emas mempunyai nilai yang cenderung stabil dan bahkan dipercaya sebagai produk investasi yang tidak mempunyai efek inflasi (zero inflation effect) dalam jangka panjang. Hal itu pula yang dipercayai oleh orang tua saya sendiri. Saya masih ingat masa-masa sebelum krismon tahun 1997 waktu itu harga emas jenis Logam Mulia (LM) berada dalam kisaran Rp. 30,000,-/gram.

 
Pahami Profil Risiko Anda
Written by Desy Widjaja   
Monday, 21 July 2008

ImageAnda ingin kaya raya ? Ingin penghasilan Anda naik secara drastis? Tahukah Pasar Modal bisa memberikan passive income secara konsisten? Atau ingin tahu investasi yang menghasilkan keuntungan 3% sebulan tanpa ada kemungkinan loss? Betapa sering kita membaca atau mendengar iklan investasi yang seperti diatas di media massa.

Atau mungkin pernah menghadiri seminar investasi gratis yang diadakan di hotel-hotel berbintang yang memperkenalkan jenis instrumen investasi tertentu yang dapat membuat uang Anda berkembang biak hingga 1000% hanya dalam hitungan bulan.

Tidak ada yang salah dengan iklan atau seminar diatas. Jika Anda cermati, hampir setiap iklan yang menawarkan kesempatan berinvestasi dalam berbagai macam jenis instrumen ini lebih menonjolkan Return/Keuntungan yang tinggi ketimbang Risiko. Apakah betul tawaran investasi itu hanya memberikan return saja tanpa risiko?

 
Apakah Cukup Menabung Tanpa Berinvestasi ?
Written by Manuel Pakpahan   
Tuesday, 03 June 2008

Image"Nabung di bank tekor nih, bunganya rendah. Belum lagi ngitung soal inflasi, tambah miskin aja gue! Gimana bisa punya uang buat masa depan?" seru seorang teman mengawali percakapan kami. Alih-alih beruntung dengan menempatkan dana di TABUNGAN yang didapat malah buntung. Singkat kata, kawan ini lalu minta nasihat bagaimana supaya daya belinya tidak berkurang.

Saya ajak dia berhitung sejenak. Pak Man dan Bu Lan (bukan nama sebenarnya) berencana melakukan wisata rohani ke Timur Tengah 14 tahun mendatang,

Asumsi Dana yang dibutuhkan saat ini: Rp. 60 juta
Target waktu dana wisata yang akan dipakai: Th. 2022 (14 tahun)
Target dana wisata sebesar: Rp. 425 juta
Asumsi inflasi: 15%/tahun
Imbal hasil bersih tabungan: 3%/tahun
Maka dana yang harus ditabung dari sekarang sebesar : Rp. 2 juta/bulan.

 

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday77
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week402
mod_vvisit_counterThis month2270
mod_vvisit_counterAll457713