Proteksi
Merancang Portofolio Dana Darurat
Written by Desy Widjaja   
Thursday, 02 April 2009

Image Dalam ilmu personal finance, Emergency Fund atau dikenal dengan Dana Darurat adalah benteng pertama ketika kondisi keuangan sebuah keluarga goyah oleh berbagai macam sebab. Karena itu saat pembenahan kondisi keuangan keluarga dilakukan, pembentukan dana darurat adalah hal pertama yang harus dikerjakan.

Pentingnya memiliki dana darurat seperti “menyediakan payung sebelum hujan” (dibahas dalam artikel sebelumnya “Ayo Bangun Dana Darurat”). Jika sesuatu terjadi hingga menyebabkan arus pendapatan pencari nafkah terhenti maka dana darurat dapat dipakai menggantikan pendapatan sementara waktu. Dengan demikian kebutuhan keuangan/pengeluaran keluarga tetap terjaga hingga dapat mandiri kembali. Atau misalnya jika perkembangan investasi tidak sesuai yang diharapkan guna membayar uang pangkal sekolah anak, maka dana darurat bisa digunakan untuk menutupi kekurangannya.
 

 
Asuransi Kerugian dan Perencanaan Keuangan
Written by Yessy Peranginangin   
Thursday, 19 February 2009

ImageDalam kehidupan sehari-hari kita selalu menghadapi pilihan dan harus mengambil keputusan. Apapun keputusan yang kita ambil pasti mengandung risiko. Mulai dari memutuskan hal sepele seperti rute perjalanan ke kantor hingga hal penting seperti memutuskan rumah yang akan dibeli. Kita tidak bisa menghindari risiko namun nature kita juga tidak ingin mengambil risiko terlalu besar.

Dalam proses perencanaan keuangan exposure risiko setiap individu idealnya dikelola dengan baik. Secara umum pengelolaannya meliputi tiga aturan:

1. Tidak mengambil risiko melebihi kemampuan finansial.
2. Mempertimbangkan kemungkinan melakukan mitigasi (pencegahan) risiko kepada pihak yang lebih baik mengelola risiko.
3. Tidak mengambil risiko terlalu besar untuk hal/event yang terlalu kecil probabilita terjadinya.

 
Kiat Memilih Perusahaan Asuransi
Written by Yessy Peranginangin   
Monday, 15 December 2008

ImagePandangan skeptis beberapa orang tentang bisnis asuransi di Indonesia perlahan-lahan mulai sirna. Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan rasa aman diimbangi dengan peningkatan kinerja dan inovasi produk dari perusahaan asuransi menjadikan asuransi semakin populer di Indonesia. Memiliki polis asuransi tidak lagi menjadi hal yang aneh.

 
Ayo Bangun Dana Darurat
Written by Yessy Peranginangin   
Tuesday, 21 October 2008

ImageSemua pasti setuju dengan pepatah klasik yang berkata, “Sedia payung sebelum hujan.” Nah, di dalam perencanaan keuangan keluarga payung yang dimaksud adalah Dana Darurat. Pengertian Dana Darurat ini bisa bervariasi dari satu rumah tangga ke rumah tangga lainnya. Ada yang berpendapat bahwa Dana Darurat diakumulasi untuk menutupi keperluan yang penting namun belum dianggarkan sebelumnya, misalnya menutupi kekurangan biaya kesehatan, pengeluaran keluarga mendesak, menutupi kekurangan biaya sekolah anak, kelebihan biaya perbaikan mobil, rumah bocor, dan berbagai keperluan insidental lainnya.

 

Memang tidak salah jika KC-ers mencadangkan sedikit uang untuk keperluan di atas, namun Dana Darurat yang kita bicarakan saat ini adalah dana yang kita sisihkan untuk mendukung kehidupan keluarga di saat pendapatan pencari nafkah terhenti karena satu dan lain hal (pemutusan hubungan kerja, likuidasi perusahaan, kerugian usaha, dan lain-lain).

 
Asuransi, Perlukah ?
Written by Yessy Peranginangin   
Thursday, 22 May 2008

ImagePemasaran jasa yang tidak terpikir untuk dipresentasikan studi kasus-nya ketika saya mengambil mata kuliah Manajemen Pemasaran adalah pemasaran Asuransi. Pada saat itu bayangan di benak saya adalah pemasaran Asuransi selalu berkaitan dengan menggambarkan sesuatu yang buruk yang mungkin menimpa si calon klien dan berusaha membuatnya “takut” sehingga “terpaksa” membeli polis asuransi. Pemasaran ini dikenal dengan nama push selling.

Namun cara pemasaran asuransi di atas tidak relevan lagi untuk saat ini, apalagi dalam konteks perencanaan keuangan keluarga. Salah satu aspek dari kebebasan finansial adalah kita harus bertanggung jawab tidak hanya pada pengelolaan uang tetapi juga dalam melindungi orang-orang yang kita cintai secara finansial (proteksi finansial).
 

Help your friend today, tell them about us

Visitors

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday75
mod_vvisit_counterYesterday96
mod_vvisit_counterThis week400
mod_vvisit_counterThis month2268
mod_vvisit_counterAll457711